Thursday, 15 November 2012

10 Tips Menjaga Kesehatan Mata

Sebagai salah satu panca indera, tak dapat dipungkiri jika mata menjadi aset penting agar dapat tetap menikmati segala keindahan dunia.


Jika menginginkan mata sehat, sebaiknya mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan mata. Banyak sekali penyakit mata yang bisa diminimalisir jika Anda tahu cara untuk merawat mata Anda sejak dini.

Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan demi menjaga kesehatan mata, seperti dilansir melalui Sheknows (26/7).

Pakai kacamata hitam

Kacamata hitam mampu memblokir 100 persen paparan sinar ultraviolet, sehingga dapat mencegah perkembangan katarak. Hal ini disebabkan kacamata hitam bisa melindungi mata dari sinar matahari secara langsung yang dapat merusak retina. Kacamata hitam juga melindungi kulit kelopak mata yang lembut, serta mengurangi risiko keriput dan kanker kulit di sekitar mata.

Berhenti merokok

Tembakau secara langsung memberikan efek merugikan bagi kesehatan, terutama degenerasi makula mata yang berkaitan dengan usia (AMD). AMD merupakan kerusakan makula (saraf di mata) berupa menurunnya kerapatan pigmen yang berperan menyaring cahaya yang masuk ke mata. Akibatnya, penderita AMD tidak bisa melihat dengan jelas.

Penelitian menunjukkan bahwa perokok dan mantan perokok lebih mungkin untuk mengembangkan AMD dibandingkan mereka yang tidak merokok. Perokok juga memiliki risiko untuk terkena katarak.

Makan yang benar

Kekurangan vitamin atau mineral dapat merusak fungsi retina. Wortel telah diyakini membantu menjaga kesehatan mata. Namun, berbagai sayuran, terutama sayuran hijau, juga menjadi bagian penting bagi kesehatan mata Anda. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang mengonsumsi makanan dengan kadar vitamin C dan E, seng, lutein, zeaxanthin dan asam lemak omega 3 DHA dan EPA cenderung memiliki risiko rendah mengembangkan AMD.

Melakukan pemeriksaan mata awal

Orang dewasa yang tidak memiliki tanda atau faktor risiko penyakit mata harus melakukan pemeriksaan penyakit mata pada usia 40 tahun. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan penyakit mata, diabetes atau tekanan darah tinggi, maka Anda harus menemui dokter mata segera.

Pakai pelindung mata

Banyak orang yang mengalami cedera mata akibat olahraga atau proyek konstruksi. Cedera bisa dihindari dengan mengenakan pelindung mata yang tepat.

sumber ; http://id.she.yahoo.com/10-tips-menjaga-kesehatan-mata-1-103000608.html
Share:

0 komentar:

Post a Comment