Saturday 13 October 2012

Sony Sambut Windows 8 Dengan Tiga Produk Anyar

Foto : Sony Indonesia
Makin dekatnya tanggal peluncuran Windows 8 membuat para pembuat komputer berlomba-lomba meluncurkan produk laptop dan tablet yang ditanami sistem operasi anyar ini. Di Indonesia, yang pertama melakukannya adalah Sony.

Pada hari Rabu (10/10), pabrikan Jepang itu merilis 3 produk anyar mereka, yakni laptop Vaio E14P, ultrabook Vaio T13 dan Vaio Duo 11. Selain E14P, dua produk lainnya sudah dilengkapi dengan fitur layar sentuh yang akan memaksimalkan pengalaman menggunakan Windows 8.

“Sony percaya kepada touch alias sentuhan. Karena itulah kami menyediakan banyak pilihan produk dengan fitur layar sentuh. Komputer-komputer baru kami akan memaksimalkan operasi menggunakan sentuhan,” kata Senior VP Sony, Ryosuke Akahane.

Duo 11, gadget hibrida gabungan tablet dengan laptop, menjadi andalan Sony. Produk ini punya layar 11,6 inci yang menutupi keyboard. Dengan keberadaan fitur surf slider, layar ini bisa diangkat dengan sekali angkat untuk menampilkan keyboardnya. Dalam visi Sony, bentuk tablet digunakan ketika ingin mengonsumsi konten, sedangkan bentuk laptop digunakan ketika ingin menciptakan konten.
Foto : Yahoo! Indonesia
Sebenarnya, pilihan untuk membuat produk hibrida adalah keputusan yang rumit. Pasalnya, berat Duo 11 yang mencapai 1,3 kg jelas membuatnya kalah jauh dari tablet lain di pasaran hanya 600-750 gram (dan ini diakui Sony).

Soal kinerja juga layak dinanti, apakah Duo 11 bisa menyamai laptop ukuran penuh. Tapi dengan dapur pacu yang menggunakan prosesor Intel i5, memory 4 GB dan saranan penyimpanan SSD sebesar 128 GB, Sony berjanji bahwa kinerja mereka tak kalah dari laptop biasa.

Salah satu fitur inovatif yang ditawarkan Sony di dalam Duo 11 adalah pena digitizer stylus yang bisa digunakan untuk menulis dengan tangan seperti halnya bila pengguna menulis di atas kertas buat mencatat ide-ide penting. Selain itu, stylus ini juga bisa dipakai untuk mengedit foto serta bisa juga untuk menuliskan catatan di presentasi PowerPoint.

Menurut Head Product Knowledge Sony Indonesia Yusuke Murasawa, Duo 11 ini ditujukan untuk pebisnis yang tidak perlu lagi membawa dua gadget (tablet dan laptop) setiap kali pergi.

Sementara itu, T13 adalah laptop berkategori ultrabook yang mengusung prosesor Intel i5 dan memori sebesar 4 GB. Dengan tebal cuma 17,8 mm dan berat 1,6 kg, laptop ini memang sangat tipis dan ringan. Laptop ini punya layar berukuran 13,3 inci dengan fitur sentuh.

Dalam acara peluncuran ini, Norman Sasono dari Microsoft Indonesia menunjukkan penggunaan Windows 8 di dalam T13. Dengan gestur yang berbeda, akan didapat aksi yang berbeda. Seperti geser (swipe) dari kanan akan memunculkan menu yang berbeda bila pengguna menggeser dari atas layar. Norman menambahkan bahwa pengguna akan sangat mudah memakai Windows 8 karena di sana, “Aplikasi menempati panggung utama.”
Salah satu kelebihan T13 ini adalah lengkapnya konektor yang dimiliki. Berbeda dengan ultrabook lain yang membutuhkan penghubung/dongle bila akan menyambungkan laptop ke monitor lain atau proyektor, di sisi kanan T13 sudah terdapat sambungan VGA. Selain itu, T13 juga punya port LAN dan konektor HDMI.
Foto : Yahoo! Indonesia
Sementara produk paling bontot dari rangkaian produk bersistem operasi Windows 8 ini adalah laptop E14P. Laptop ini tidak dilengkapi dengan layar sentuh sehingga pengguna masih harus tetap menggunakan keyboard, mouse dan trackpad. “Laptop ini ditujukan untuk mahasisswa dan orang yang baru memulai pekerjaannya,” ujar Vaio & Tablet Sales Head Sony Indonesia, Leo Marathon.

Berapa harga dari produk-produk anyar Sony ini? Leo menjawab diplomatis, “Kantor global belum membolehkan kami memberitahukan harganya.”
Share:

0 komentar:

Post a Comment