Sunday 7 October 2012

Ilmuwan Temukan Molekul yang Berkaitan dengan Kegemukan

Washington (ANTARA/Xinhua-OANA) - Tindakan membalikkan tombol molekul yang baru ditemukan pada sel lemak putih memungkin tikus untuk memakan makanan berkalori tinggi tanpa jadi gemuk atau terserang radang yang mengakibatkan kekebalan terhadap insulin, demikian laporan beberapa ilmuwan AS, Kamis (27/9).
Para peneliti tersebut mengatakan hasil itu, yang disiarkan di jurnal Cell terbitan 28 September, menyediakan kaitan molekul yang pertama dikenal antara termogenesis --pembakaran kalori untuk menghasilkan panas-- dan perkembangan peradangan pada sel lemak.
Kedua proses tersebut sebelumnya telah diduga dikendalikan secara terpisah. Termogeneis memainkan peran penting pada metabolisme dan mempertahankan berat yang sehat. Peradangan memicu kekebalan insulin, pendahulu diabetes.
Para peneliti itu, yang dipimpin oleh Spiegelman dari Dana-Farber Cancer Institute, mendapati protein TRPV4, molekul pengalih, terlihat jelas pada sel lemak putih --yang menyimpan kelebihan kalori dan jadi lahap pada orang yang kegemukan.
Untuk studi tersebut, para peneliti itu memelihara tikus yang kekurangan TRPV4 atau diberi obat untuk tidak mengaktifkannya, demikian laporan Xinhua --yang dipantau ANTARA di Jakarta, Jumat. Dengan tak-adanya TRPV4, sel lemak putih beralih ke serangkaian gen yang mengkonsumsi energi untuk menghasilkan panas, dan bukan menyimpan energi sebagai kelebihan lemak.
Proses "termogenik" itu biasanya terjadi pada lemak coklat atau kuning abu-abu --yang biasa disebut "lemak baik", yang kebanyakan ditemukan pada hewan kecil dan bayi manusia untuk melindunginya dari udara dingin.
Ketika tikus yang mengalami kemerosotan TRPV4 diberi makanan berkalori tinggi selama beberapa pekan, hewan pengerat tersebut tidak jadi gemuk, dan tingkat peradangan sel lemak serta ketahanan terhadap insulin mereka rendah.
"Kami telah mengidentifikasi sasaran yang, ketika terhambat, dapat mengaktifkan jaringan adiposa kuning abu-abu dan menekan peradangan," kata Spiegelman. "Peran TRPV4 ini sebagai penengah bagi program termogenik dan pro-peradangan pada adipocyte, atau sel lemak, dapat memberi sasaran menarik bagi perawatan kegemukan dan penyakit yang berkaitan dengan metabolis." (rr)
Share:

0 komentar:

Post a Comment