Saturday 19 September 2015

Ahmed Mohamed Ditangkap karena Bikin Jam, Apalagi Temuannya?

Ahmed Mohamed Ditangkap karena Bikin Jam, Apalagi Temuannya?  
Ahmed Mohamed, sempat diinterogasi dan ditahan polisi, serta mendapatkan hukuman skors tiga hari dari sekolah. Menurut Ahmed ia membawa jam tersebut ke sekolah untuk menunjukkan karyanya kepada seorang guru. Vernon Bryant/The Dallas Morning News via AP

TEMPO.CO, Texas - Ahmed Mohamed, 14 tahun, siswa pembuat jam rakitan, ditangkap polisi di sekolahnya, MacArthur High School, Irving, Texas, Amerika Serikat. Alasannya, jam yang dibuat Mohamed terlihat seperti bom. Kasus ini berujung hujan simpati dari seluruh dunia.

Sejak foto Ahmed dengan tangan diborgol beredar luas, kemarahan muncul dari seantero jagat. Mereka mencerca dan membela Ahmed, dengan tagar #IStandWithAhmed.

Sebelum membuat jam digital yang akan diberikan kepada gurunya, Ahmed telah beberapa kali berkreasi meracik alat-alat elektronik. Menurut koran Toronto Star, Ahmed berhasil merakit sebuah radio yang menjadi kreasi pertamanya.

Setelah itu, dia mencoba memperbaiki mesin gokar, mobil yang digunakan untuk balapan kelas pemula, dan akhirnya berhasil. "Yang terakhir dia berhasil merakit satu unit speaker dengan kemampuan Bluetooth, yang dijadikan hadiah untuk temannya," tulis media tersebut.

Keluarga Mohamed mengakui bahwa putranya memang senang dengan hal-hal berbau teknologi. Ia juga sering membuat radio rakitan. "Anak saya ingin menjadi penemu," kata ayahnya, Elhassan Mohamed. "Tapi, karena namanya Mohamed dan kejadian 11 September yang baru diperingati, anak saya mendapat perlakuan buruk."

Sumber : dunia.tempo.com
Share:

0 komentar:

Post a Comment